RESEP CARA MEMBUAT MENTEGA SUSU KAMBING ETAWA ASLI

Bookmark and Share
RESEP CARA MEMBUAT MENTEGA DARI SUSU KAMBING ETAWA MURNI ASLI. Mentega adalah salah satu produk olahan susu yang bersifat plastis. Mentega dihasilkan dari pengocokan (Churning) sejumlah krim. Mentega merupakan sumber vitamin A yang sangat baik dan merupakan makanan yang berenergi tinggi (7-9 kalori/gram), tidak mengandung laktosa dan mineral serta berprotein rendah.

Kebanyakan orang membuat mentega dengan menggunakan bahan dasar susu sapi murni. Kelemahan mentega menggunakan susu sapi biasanya adalah dapat menyebabkan alergi untuk sebagian orang. Nah jika anda tidak ingin alergi, anda bisa menggunakan susu kambing etawa untuk membuat mentega. Keunggulan susu kambing etawa adalah kaya akan vitamin dan tidak menyebabkan alergi.

Mentega yang bagus harus mengandung lemak minimal 80%. Kadar air maksimal 16%, kadar protein maksimal 1% dan MSNF (Milk Solids-Non-Fat) tidak lebih dari 2  %.  Warna kuning pada mentega dikarenakan zat warna β karoten yang ada dalam krim. Kandungan Nilai gizi mentega sangat banyak  tergantung pada kandungan lemak dan vitamin-vitamin yang  larut dalam lemak. Berikut ini Bahan-bahan pembuat mentega susu kambing etawa yang dilengkapi dengan langkah - langkah Tips cara mudah bikin sendiri :

BAHAN :
PERALATAN :
  • Cream separator (dapat dimodifikasi)
  • Alat pemanas (panci dan kompor)
  • Alat pengocok (Churn)
CARA MEMBUAT MENTEGA SUSU KAMBING ETAWA :
  1. Bila cream separator tidak ada, pemisahan krim dapat dilakukan dengan cara berikut:
  2. Susu Kambing Etawa segar dimasukkan  kedalam wadah yang bermulut lebar dan disimpan di lemari pendingin yang bersuhu 5-10 derajad Celcius selama 12 jam. Lapisan krim yang berwarna kuning dengan sendirinya akan berada dibagian permukaan, krim ini dapat diambil dengan sendok atau dengan memasukkan selang plastik kedasar wadah dan menyedot serumnya hingga yang tertinggal hanya krimnya.
  3. Setelah itu lakukan netralisasi krim dengan menggunakan basa Pasteurisasi 85 Derajad Celcius selama 15 detik
  4. Didinginkan sampai 7 derajad celcius
  5. Berikan Pewarnaan (bila perlu)
  6. Lakukan penggaraman (Churnin ) jika diperlukan
  7. Kemudian lakukan dengan menggunakan tangan
  8. Sekarang Mentega sudah jadi siap di pakai atau di pasarkan.
Demikianlah langkah - langkah cara pembuatan mentega sendiri dengan bahan dasar Susu Kambing Etawa.

Sumber : http://www.susukambing.web.id/manfaat-susu-kambing/cara-membuat-mentega-dengan-susu-kambing.php

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar