Timnas Piala AFF 2012 Terancam Kekurangan Pemain

Bookmark and Share


http://3.bp.blogspot.com/-zC-gd39tTug/UCLOaMMu1KI/AAAAAAAAOnw/eUAKcyz-rD0/s1600/timnas%252Bindonesia.jpg
Wallpaper Timnas Indonesia
Majalah Soccer - Tim Nasional yang dipersiapkan untuk Piala AFF 2012 di Kuala Lumpur pada November-Desember mendatang minim pemain.

Dari 29 pemain yang dipanggil PSSI untuk bergabung dalam pemusatan latihan tahap dua, hampir setengahnya tidak kembali memenuhi panggilan timnas. Bahkan praktis kini timnas terancam kekurangan pemain.

Kendati menurut pelatih timnas Nil Maizar saat dihubungi wartawan, Senin (27/8), dirinya akan memaksimalkan para pemain Indonesian Premier League (IPL) setelah pemain Indonesia Super League (ISL) sebelumnya memutuskan hengkang, namun secara kualitas diakuinya tidak akan sama.
Kekuatan lini belakang timnas pun tergerus. Dari sejumlah pemain yang semula dimiliki oleh timnas, kini hanya tinggal menyisakan tiga pemain, setelah salah satu bek andalan timnas Abdul Rahman berlabuh di Sriwijaya FC.

Dia memilih mengikuti kebijakan klub barunya untuk tidak masuk dalam timnas, terlebih lagi kini mereka dalam persiapan menuju ISL 2012/2013 yang akan dimulai November mendatang.
Tiga kekuatan terakhir belakang timnas kini tinggal Wahyu Wiji Astanto (Persiba Bantul), Hamdi Ramdhan (Persija IPL), dan Fachruddin (PSS Sleman Divisi Utama).

Terkait dengan berkurangan kualitas timnas, Nil mengaku bahwa pihaknya akan memaksimalkan kekuatan yang ada. Masih ada waktu untuk bisa membangun tim yang solid.

"Kekuarangan pemain bukan menjadi alasan, kita akan maksimalkan pemain IPL yang ada. proses seleksi akan dilakukan mulai tahap ini dengan melihat kinerja pemain pada laga uji coba yang akan dilakukan Timnas Senior sebelum berlaga di Piala AFF," kata Nil.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin menuturkan, kendati banyak pemain yang tidak bisa bergabung dalam timnas, tapi hal itu diyakininya tidak akan berpengaruh banyak pada kualitas maupun kekuatan timnas.

"Saya optimis pemusatan latihan tetap berlangsung dan hal itu tidak akan berpengaruh banyak pada tim, karena kita masih banyak pemain berpotensi yang bisa dimanfaatkan pelatih," ucapnya.
Menurut dia, masuk dalam timnas itu merupakan keputusan pemain dan tidak ada satu pihak pun yang bisa membatasi hak mereka. "Mereka yang memutuskan, karena itu murni merupakan hak mereka sebagai pemain dan anak bangsa," katanya.

Kendati tidak dengan kekuatan penuh dan terbaiknya, menurut Djohar kemudian, timnas akan tetap menjalan lima program uji coba yang telah dipersiapkan PSSI sepanjang satu bulan ke depan.
Yakni, melawan tim Espanyola B pada 5 September nanti, lalu berlanjut dengan timnas Korut pada 10 September, kemudian Filipina 15 September, dan Vietnam dalam dua laga home & away pada 22 dan 29 September ini.

Pemusatan latihan tahap kedua sendiri tengah berlangsung sejak 25 Agustus lalu di Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Tahap kedua ini rencananya akan berlangsung selama satu bulan penuh hingga 30 September mendatang.

Setelah itu, baru diputuskan skuad inti Piala AFF yang akan berlanjut pada TC tahap ketiga mulai 7 Oktober hingga mendekati waktu pelaksanaan Piala AFF 20 November nanti.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar