Bookmark and Share
PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN
STIKES YPIB MAJALENGKA

KARYA TULIS ILMIAH,   AGUSTUS 2010

SUYANTI
B.07.051

HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK IBU POST PARTUM DENGAN PELAKSANAAN AMBULASI DINI DI RSUD MAJALENGKA
PERIODE MARET – MEI TAHUN 2010

xv + 5 bab + 55 halaman + 12 tabel + 2 diagram + 6 lampiran

ABSTRAK

Ambulasi dini sangat penting dilakukan bagi ibu post partum. Hal ini dilaksanakan segera setelah melahirkan untuk mempercepat kesembuhan. Studi pendahuluan didapatkan sebesar 40 % ibu yang melakukan ambulasi dini, salah satunya dipengaruhi oleh karakteristik ibu post partum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik ibu post partum dengan pelaksanaan ambulasi dini di RSUD Majalengka periode Maret – Mei tahun 2010.
Metode penelitian menggunakan metode analitik kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini ibu post partum yang tercatat di ruang rawat inap RSUD Majalengka periode bulan Maret – Mei tahun 2010 dengan sampel 47 responden. Teknik analisis menggunakan univariat (distribusi frekuensi) dan bivariat menggunakan uji chi square dengan α 0.05.
Hasil penelitian menyatakan bahwa ada hubungan yang bermakna pendidikan dengan pelaksanaan ambulasi dini (ρ = 0.028), ada hubungan pekerjaan dengan pelaksanaan ambulasi dini (ρ = 0.008), tidak ada hubungan antara umur dengan pelaksanaan ambulasi dini (ρ = 0.074), dan  ada hubungan jenis persalinan dengan pelaksanaan ambulasi dini (ρ 0.005) di RSUD Majalengka periode Maret – Mei tahun 2010.
Saran yang diajukan agar memberikan konseling dan penyuluhan, menginformasikan tentang pentingya pelaksanaan ambulasi dini agar mempercepat pemulihan pasca persalinan dengan melakukan gerakan-gerakan ambulasi dini secara aktif, memberikan motivasi kepada keluarga dan membuat kebijakan atau aturan untuk mewajibkan atau membuat SOP (Standar Operasional Prosedur) bahwa setiap ibu post partum harus diberikan konseling dan bimbingan tentang ambulasi dini.

Kata Kunci   : Karakteristik Ibu Post Partum, Ambulasi Dini
Kepustakaan : 27 Sumber (1998 – 2010)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar