Bookmark and Share

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN
STIKES YPIB MAJALENGKA

KARYA TULIS ILMIAH,   SEPTEMBER 2010

YANE OKTAVIANE

ABSTRAK

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KENAKALAN REMAJA KELAS X DAN KELAS  XI DI SMA PGRI 1 MAJALENGKA  TAHUN 2010

xii + 5 bab + 53 halaman + 11 tabel + 2 diagram + 5 lampiran

Kenakalan remaja merupakan penyimpangan perilaku dan perbuatan-perbuatan negatif yang melanggar aturan dan norma  yang  ada  di  masyarakat. Kenakalan remaja siswa kelas X dan XI di SMA PGRI 1 Majalengka sebesar     5,9 % merokok, 10,3 % bolos tanpa keterangan. Kenakalan remaja salah satunya dipengaruhi peran orang tua, jenis kelamin, dan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk faktor-faktor yang berhubungan dengan kenakalan remaja siswa kelas X dan XI SMA PGRI 1 Majalengka tahun 2010. 
Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X dan XI di SMA PGRI 1 Majalengka dengan sampel sebanyak 340 siswa dengan teknik simple random sampling. Pengolahan data menggunakan data primer yang dilakukan dengan uji chi square pada teknik analisis univariat dan bivariat.
Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara  peran orang tua dengan kenakalan remaja (ρ = 0,000),  ada hubungan yang bermakna antara pengaruh teman sebaya dengan kenakalan remaja (ρ = 0,000), ada hubungan yang bermakna antara jenis kelamin dengan kenakalan remaja             (ρ = 0,000).
Saran yang diajukan bagi institusi pendidikan agar menambah literature perilaku kesehatan remaja untuk keperluan mahasiswa, bagi SMA PGRI  1 Majalengka agar memberikan pengarahan bagi siswa nakal dengan bimbingan konseling, dan bagi Peneliti selanjutnya agar meneliti lebih jauh lagi tentang masalah kenakalan remaja.

Kata Kunci   : Kenakalan Remaja
Kepustakaan : 34 Sumber (1999 – 2009)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar