Alkmaar Buka Jalan Ke Semifinal

Bookmark and Share
Brett Holman na wereldgoal (AZ - Valencia)

Brett Holman dan Maarten Martens mencetak masing-masing satu gol untuk membuat AZ Alkmaar memperpanjang rekor tak terkalahkannya sepanjang Liga Europa musim ini.

Lebih menggembirakan lagi, kemenangan ini memperpanjang catatan tak terkalahkannya atas tim-tim Spanyol yang datang ke AFAS Stadion. Alkmaar juga punya catatan positif jika bertandang ke Spanyol. Dari tujuh laga, mereka mengemas tiga kemenangan, tiga seri, dan sekali kalah.


Namun tidak ada jaminan hasil di AFAS Stadion kali ini akan membawanya ke semifinal Liga Europa musim ini. Los Che, julukan Valencia, memiliki keunggulan satu gol tandang. Alkmaar harus bisa menahan Valencia tanpa atau dengan gol di leg kedua di Mestalla.

Valencia mendapatkan peluang pertama menit ke-10, ketika Roberto Soldado menjemput umpan Sofiane Feghouli, tapi upayanya digagalkan penjaga gawang Esteban Alvarado.

Peluang berikutnya diperoleh Tino Costa dan Antonio Barragan. Pertahanan Alkmaar sempat dibuat frustrasi oleh serguan gencar Valencia. Situasi ini memaksa Jozy Altidore lebih banyak beroperasi di belakang.

Valencia beberapa kali mendapat peluang lewat tembakan bebas, dan mereka berupaya memanfaatkannya. Alvarado menggagalkan satu tembakan bebas Costa.

Keasyikan menyerang, Valencia membiarkan pertahanannya terbuka. Holman menipu penjaganya, dan bergerak bebas untuk menerima umpan Martens dari sayap kanan. Holman melepas tembakan voli untuk membuka skor.


Di babak kedua, Valencia lebih meningkatkan serangannya. Pablo Hernandez mendapat satu kesempatan, tapi tembakannya masih bisa diblok Ragnar Klavan.

Menit ke-51, Mehmet Topal menyamakan kedudukan. Ia melompat tanpa pengawalan untuk menanduk bola umpan tajam Barragan ke tiang jauh.

Soldado nyaris membuat Valencia membalikan keadaan, ketika snap-shot ke tiang dekatnya membuat Alvarado kelabakan menghalau. Jeremy Mathieu juga membuang peluang.

Duet Holman Martens akhirnya menghasilkan gol kedua. Kali giliran Holman yang memberi umpan tarik untuk diselesaikan Martens menjadi gol kemenangan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar